Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang objek, saya beri sebuah contoh : Meja, Kursi, Jam Dinding dan yang lainnya merupakan contoh objek. Objek yang disebutkan tadi umumnya berada didalam sebuah ruangan, ruangan apabila kita melihatnya dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi juga merupakan objek. Jadi sebuah Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud.
Meja, Kursi, Jam Dinding ada dalam sebuah Ruangan.
Ruang A, Ruang B, dan Ruang yg lain berada dalam sebuah Rumah.
Rumah 1, Rumah 2 dan Rumah yang lain juga berada didalam suatu tempat yang lebih luas yaitu Bumi, Dst.
Dan bukan tidak mungkin didalam Objek Jam Dinding terdapat objek-objek yang lain yang lebih kecil misalnya Batterai, Gear, dll.
Cara pandang kita dari sebuah Ruangan, Rumah atau Bumi merupakan Class apabila kita melihatnya dalam Pemrograman.
Setiap objek memiliki Atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah. Sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek. Tanpa harus berteori lagi, kita coba langsung pemahaman tentang Objek dalam Pemrograman dan untuk Bahasa Pemrogramannya saya menggunakan Java. Mengapa Java? Karena pengelolaan Objek didalam Java lebih mudah dipahami.
Selasa, 18 September 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar