yakinlah bahwa setiap langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil yang konsisten

Rabu, 28 Agustus 2013

RANU KUMBOLO 24-26 JUNI 2013

Diposting oleh Rissa di 20.42 3 komentar Link ke posting ini

Yappp…memang perjalanan ini uda 2 bulan yang lalu, baru sekarang ini sempet dan dapat semangat utk mengabadikannya dalam sebuah tulisan…maapkan yaa :-)
Ini pengalaman pertamaku naik-naik ke puncak gunung…alias pendakian…Awalnya jauh-jauh ga ada rencana sedikitpun untuk ke sana… 3 hari sebelum keberangkatan aku diajak sama cipruttku (panggilan sayang buat mylove :P), dia bilang kalo dia sama tim kelasnya mau pendakian ke Ranu Kumbolo, dan aku diajaknya, katanya sih ada beberapa cewek yang ikut, semangatlah aku jadinya utk ikutan…setelah itu browsing2 apa sih Ranu Kumbolo itu karna aku emang gtau sama sekaliiii,,,hihi…setelah tanya sana sini, browsing mbah google juga, tarrraa akhirnya sudah penuh bayangan Ranu Kumbolo di otakku…menurut info sih Ranu Kumbolo itu sebuah danau besarrr di KAKI Gunung Semeru…yakkk kenapa kata KAKI aku capslock, ya karna awalnya aku memang mengira itu CUMA di KAKInya Gunung Semeru, ah paling juga jalannya ga ndaki2 banget, jalannya ga jauh2 banget, jadinya nyampek sana ga capek2 banget…haha itu baru bayanganku, secara kan letaknya di KAKI Gunung gituu… yakk sampailah di tanggal 24 Juni, saat yang ditunggu2 karna ijin dari ortu sudah ditangan, eittss tp ada aja masalahnya, temen2 cewe yang rencananya ikut malah ga dapt ijin dari ortunya, hiks hiks, trus nasibku gmana, masa aku ga jadi juga, padahal minta ijin ke ibu dan ayah juga dengan perjuangan, klo ga jadi berangkat kan sayaaang bgt…yahh setelah ditimbang2 akhirnya jadilah aku berangkat tanpa teman2 cewe yang lain, yapp aku jdi satu2nya cewe dalam rombongan, hiiiuuww jadi ratu deh .hhhaa
Jadinya ada 10 orang yang berangkat by motorcycle sekitar jam 8malam kami berangkat dari Candi, Sidoarjo..bawa tas ransel gede2 khas pendaki gunung, aku sendiri cuma bawa ransel kecil buat kebutuhanku sendiri, utk pakaian dan lain-lain uda di jadiin satu di ransel gede2 yang dibawa temen2.. Aku kurang hafal sih lewat daerah mana aja,, yang pasti setelah di kota malang kita berbelok ke kiri ke daereah Tumpang trus smpe masuk wilayah Kab. Lumajang…setelah itu udara uda semakin dingin dan jalan uda mulai naik, Alhamdulillah langitnya cerahhhh banget jdi dari kejauhan uda terlihat deretan pegunungan megah (aku gtau namanya gunung apa aja)…semakin lama perjalanan semakin mencekam, jalanan mulai sepi hanya rombongan kami yang melintasi, plus kami uda sampai di kawasan hutan2 yang jalannya amat curam, beberapa kali kami sempat terhenti karna ada motor teman yang gakuat untuk naik,hummm pokonya ga terlupakan deh…
-perjalanan beberapa kali terhenti sekedar utk istrahat dan karna beberapa motor gakuat naik-

yapp setelah melewati hutan2 tanpa ada rumah sedikitpun akhirnya kami sampai di sebuah pos , disitu ada beberapa warung berderet, terlihat ada beberapa rombongan lain yang sepertinya mau ke atas juga, tapi mereka menyewa mobil jepp (gtau isitlahnya apa utk mobil offroad). Setelah pos itu terlihat ada gapura klo gasalah tulisannya memasuki wilayah bromo-tengger-semeru…iaaa karna setelah pos itu ada jalan yang bercabang, satunya ke bromo, dan satunya lagi ke semeru….setelah duduk2 sejenak di dekat api unggun milik warung yang berjualan disitu, akhirnya kami melanjutkan perjalanan karna malam sudah semakin larut dan teman2 uda pada capek pengen isitrahat,,,ternyata perjalanan tak semudah yang ku bayangkan, entah apa teman2ku yang lain juga merasakannya, secara mereka uda berkali2 naik-turun gunung, mungkin ini uda jadi hal yang biasa buat mereka,,, tapi bagiku ini WOWWW banget,, setelah melaui pos gapura selamat datang tadi, ternyata jalannya parah abiss,,,bukan aspal ato beton lagi,,,tapi beberapa masih tanah dan bebatuan, ditambah lagi sepertinya habis diguyur ujan, jadi ada jalan yang becek plus banyak bekas mobil offroad yang lewat situ jadinya motor2 kami yang sebelumnya uda kepayahan masih harus berjuang melewati jalanan yang tak mulus ini….aku yang Cuma bisa berdoa dalam hati aja biar cepet sampai di tempat dan bisa melalui jalan mencekam ini dengan selamat… Alhamdulillah dengan susah payah saling bantu membantu kami dapat melewati jalanan mencekam itu, sambil menunggu teman yang masih belum sampai, beberapa dari kami berenti di dekat sebuah pondok sepertinya milik petani kebun sayuran, kami memutuskan untuk makan malam di situ…menunya gausah membayangkan nasi goreng dengan telur dadar :D, cukup dengan nasi dan sambal goreng tempe..cukup sederhana tapi rasanya istimewaaa…

 
Kalo cowo2 sih makannya jadi satu kaya gitu oke2 aja, berhubung aku cewe sendirian kalo ikut gabung makan lawan 9 orang jelas aku kedepak sana-sini ga kebagian,,, untungnya teman2ku ini baik hati banget, jadi sebelum mereka makan , mereka menyisihkan dalam satu piring nasi plus lauknya dan dipersembahkan untukku,,,,hahaha daaaan selamat makannnn :D
Setelah makan badan mulai hangat tapi tetap tak dapat mengalahkan dinginnya hawa disana, aku pikir perjalanan sudah semakin dekat, karna salah seorang teman, namanya Onky dia bilang sambil menunjuk ke arah sebuah gunung yang dia bilang itu puncak Semeru, Mahameru….dan yang kita tuju kan Kakinya Semeru, jdi pasti ga jauh deh…pikirku…okee karna perjalanan belum selesai kami segera lanjuuutt karna uda semakin malam ato semakin pagi yaa,,,aku lupa mungkin sekitar jam 12an kami masih dalam perjalanan,,, fiuhhh…perjalanan lanjut tapi jalannya uda ga se ekstrim tadi, uda banyak pemukiman warga  sampai di perkampungan yang cukup ramai, Alhamdulillah sampailah kita di desa Ranu Pani…. Namanya uda mirip2 ya ama Ranu Kumbolo…ya aku baru tau juga kalo “Ranu” itu artinya Danau…hehee…pastinya di Desa Ranu Pani ini ada danau namanya Danau Pani..katanya sih kalo dibandingkan dengan Ranu Kumbolo, Ranu Pani ini ga ada apa2nya,,,hmmm karna malam hari jadi danaunya ga seberapa kelihatan luas gaknya..yaudah deh karna badan uda capek, kami langsung memarkir motor di tempat penitipan,,, yakkk disinilah kami meninggalkan motor2 itu, karna perjalanan ke Ranu Kumbolo akan kami tempuh by Kaki sendiri alias berjalan…:-)
Jam menunjukkan  pukul 2 pagi…wiuuw..kami semua uda capek,, aku juga ngantuukk…kami ga langsung melanjutkan perjalanan, tapi kami nge-camp dulu di sekitar Ranu Pani, lumayan tidur beberapa jam mengumpulkan energi untuk pendakian esok hari…
Kukuruyuuukkk…udah pagi lho teman2…saatnya bangun karna dingin sudah menghampiri menusuk tulang padahal jaket tebal uda ku pake, hmmm tetep dingin,,,,brrrr…semakin pagi semakin banyak pula yang datang ke Ranu Pani, uda kayak pasar aja nii hehee…aayooo  bangun2 cipruttku paling susah dibangunin padahal pengen ku ajak jalan2 keluar sambil ke musholaa buat solat subuh,..hhmm dia malah asik molor ga mau dibangunin ..yaudah aku keluar sendiri aja . beberapa teman rupanya uda keluar dari tenda ada yang siap2 mau masak2 nii,…hohohoo


-good morning Ranu Pani-
Yaa masak2 dimulai, walaupun aku cewe bukan berarti aku yang masak lhooo, hahah..aku Cuma jadi penonton aja atau sesekali bantu nyobekin bungkusan energen buat temen-temen…kokinya pagi ini adalah Alfan alias Oyot…sarapan pagi ini Cuma minum energen sereal minum makanan bergizi + roti.. jadi ga pantes disebut masak ya…orang cuma masak air..hahaha…
Okke sarapan uda, cuci muka uda, saatnya packing-packing beresin tenda karna rombongan lain uda pada berangkat naik kita masih aja mbulet di Ranu Pani…hmmm kebiasaan ni cowo2 kan sukanya telat…hufff..Sebelum berangkat, seperti biasa kami berdoa bersama semoga sampai di Ranu Kumbolo dengan selamat dan tidak ada halangan apapun … Amiinn
Siaappp ! perjalanan dimulai sekitar pukul 08.00 kita meninggalkan Ranu Pani,,bye-bye…ternyata kita masih harus melewati pos perijinan pendakian Semeru…dann tenyata disana uda antriiiii bangett, kami yang datengnya belakangan ini dapet nomer berapa ya…ck ck ck…Ranu Kumbolo bakalan rame ni kyk pasar malem…
Setelah antriii sampe jam 10an barulah ijin kami dapat dan kami berangkaaaat…chaiyooo….masih semangat banget nih waktu itu, khusunya aku yang baru pertama kalinya mendaki gunung…dari Ranu Pani sebenarnya ada 2 jalan yang dapat ditempuh oleh pendaki, yang pertama jalur melewati gunung ayek-ayek yang katanya curam bangettt, nah kami memilih jalur yang kedua yang jalannya landai… pertama kami masih melewati tanjakan landai melintasi kebun sayur milik warga sekitar.. sampai kita melalui gapura Selamat Datang Pendaki Gunung Semeru…yaaay foto-foto dulu…walaupun temen2ku ini cowo buka berarti mereka ga narsis lho… :-D
 
lama-lama kami mulai masuk hutan dengan tanaman ilalang dan sisi yang lain jurang :O ..sesekali melintasi ranting-rating kering dan pohon yang tumbang jadi harus merunduk…kata temen2ku sih tracknya santai, ga terlalu mendaki…ookee we’ll see…untuk mencapai Ranu Kumbolo kita harus melewati 3 pos, pertama Landegan Dowo, lalu Watu Rejeng, dan terakhir Ranu Kumbolo…uda jalan jauhh kok pos pertama aja belum nyampe2 yaa…menurut papan penunjuk di sepanjang jalan, Ranu Kumbolo berjarak sekitar 11 km dari Ranu Pani, untuk ke Pos I Landegan Dowo menempuh sekitar 3 km, ke pos II Watu Rejeng juga sekitar 3km, terakhir ke Ranu Kumbolo sekitar 4,5 km… hmmm kok 3km rasanya jauhhh ya akhirnya sampe juga di pos I LANDEGAN DOWO…diabadikan dlu yaa(lagi2)..

 
Setelah sejenak foto-foto dan istirahat mengganjal perut dengan roti kami lanjutkan perjalanan, tak jarang kami bersalipan dengan pendaki lain, ada juga berpapasan dengan pendaki yang balik turun dari atas…lanjut terus sampe ke Pos II Watu Rejeng, kayaknya kami ga sempet foto-foto deh hahaa…pokonya perjalanan jauuuhh banget, ternyata apa yang kupikirkan itu salah , salah besarrrr,, aku pikir kaki gunung itu ya deket, .. kalo menuju kakinya aja uda sejauh ini gimana menuju ke puncaknya,,,oh noooo..tidak bisa membayangkan….

-istirahat dulu with my ciprutt-
 
Perjalanan yang awalnya penuh sukacita, senyum ceria, semangat membara, lama-lama jadi capek juga, mana nih Ranu Kumbolo, kenapa tak jua kelihatan, seindah apa sih Ranu Kumbolo itu kok tempatnya jauhh banget…huhuhu…rasanya uda hampir putus asa…padahal aku uda ga bawa apa-apa, tas ransel mungil uda di bawain sama temen2ku, ya karna melihat semangat merekalah aku jadi semangat juga, mereka jalan sambil bawa tas ransel besar-besar aja ga ngeluh, masa aku yang Cuma bawa badan aja uda nyerah gini…ga boleh putus asa…lanjutt lagi….bismillah….Setelah Pos II WATU REJENG sudah terlalui dan hari semakin sore, langit mulai gelap dan cuaca mulai tak bersahabat, memang dari tadi kabut silih berganti menyapa kami, tapi kali ini, kabut membawa butiran butiran air..yakkk…hujaaann…ya Allah cobaan apa lagi ini, kami akhirnya memutuskan memakai jas hujan agar baju dan tas kami tidak basah…dalam hati aku berdoa terus supaya kami cepat sampai dan hujan cepat reda karna dingiinn sekali,,kaki dan celana uda ga berbentuk kena lumpur,, ya memang ini resikonya…bukit demi bukit kami leati, Ranu Kumbolo tak kunjung terlihat juga..2 teman kami yang staminanya fit sudah ada di depan untuk mencari tempat mendirikan tenda, sementara kami ber-8 jalan dengan pelan-pelan karna memang tak sekuat 2 teman kami itu….perlahan pemandangan sudah mulai berubah dengan padang rumput savana, apa Ranu Kumbolo sudah dekat??? ALHAMDULILLAH dari kejauhan terlihat warna warni tenda para pendaki yang uda sampai duluan disana, tapi letaknya masih jauh dibwah , kami harus melewati jalanan setapak menurun licin sekali….pemandangan dari atas bagusss banget walaupun masih tertutup kabut dan hujan tak menunjukkan tanda untuk berhenti, sayang kami tak bisa mengabadikannya lewat foto….segera kami mencari ke-2 teman kami yang sudah duluan sampai dan mendirikan tenda, tengok sana-sini mana yaaa kok ga ada…setelah muter2 akhirnya ketemu juga,,, hujan turun tak kunjung henti membuat kami tidak bisa menikmati indahnya Ranu Kumbolo di sore hari, yahhh baru sekitar pukul 8 malam kmi baru bisa keluar tenda dan masak2…udara disana jangan ditanyaa…brrr…malam di Ranu Kumbolo kuhabiskan dengan tidur sajalah….menyiapkan energi untuk perjalanan pulang….hingga esok pagi kami bisa menikmati pemandangan Ranu Kumbolo yang menakjubkan…sampai jam 12 siang kami bersiap2 untuk perjalanan pulang kembali k sidoarjo…Bye Ranu Kumbolo…c u next time…ingin kembali lg suatu saat nanti menikmati segala keindahanmu,,,,






 

Coretan Rissa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea