yakinlah bahwa setiap langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil yang konsisten

Kamis, 12 Juli 2012

Laporan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Diposting oleh Rissa di 06.21

TAHAP PERANCANGAN
SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN
Pada DINAS PEKERJAAN UMUM

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi dewasa ini tidak terlepas dari semakin bertambah majunya teknologi komputer. Kebutuhan akan teknologi komputer pun semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan disegala bidang, baik perusahaan swasta maupun pada instansi-instansi pemerintah. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya selalu dilakukan secara manual oleh manusia akan semakin cepat dan efisien apabila dilakukan dengan sistem komputerisasi. Bahkan dengan kecanggihan teknologi komputer yang semakin berkembang dengan pesat dapat memudahkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk meningkatkan efisiensi kerja karena pekerjaan yang dilakukan dengan komputer dapat menghemat baik dari segi waktu, ruang, tenaga, biaya, dan lain-lain.

Pada mulanya komputer hanya digunakan sebagai alat penghitung oleh manusia. Namun sekarang semakin berkembangnya teknologi khususnya di bidang komputer serta dengan meningkatnya kebutuhan serta pengetahuan manusia akan pentingnya teknologi, maka fasilitas yang disediakan oleh komputer pun semakin meningkat dengan tidak hanya digunakan sebagai alat penghitung saja. Salah satu penggunaan lain dari komputer adalah menyangkut tentang data processing.

Data processing kepegawaian merupakan data yang sangat vital bagi sebuah perusahaan,  baik itu perusahaan swasta maupun dinas pemerintahan. Untuk itu kami mencoba membuat perancangan suatu sistem untuk melakukan proses kerja khususnya dalam penginputan data pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum.
Dalam pengolahan data diperlukan suatu identifikasi terhadap permasalahan yang dihadapi. Sering kali dalam melakukan proses pengolahan data muncul permasalahan yang dapat menghambat kelancaran dari proses tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Pekerjaan Umum adalah sistem pengolahan data lebih banyak dilakukan secara manual dan tidak menggunakan software terbaru yang diharapkan dapat mempermudah pendataan.Oleh karena itu, kami berusaha membantu meringankan masalah tersebut dengan membuat pengolahan data dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Coretan Rissa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea