yakinlah bahwa setiap langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil yang konsisten

Minggu, 22 Juli 2012

Motor Stepper

Diposting oleh Rissa di 00.51
Apa yang dimaksud motor stepper ?
Motor stepper adalah perangkat elektromekanis yang bekerja dengan mengubah pulsa elektronis menjadi gerakan mekanis diskrit. Motor stepper bergerak berdasarkan urutan pulsa yang diberikan kepada motor. Karena itu, untuk menggerakkan motor stepper diperlukan pengendali motor stepper yang membangkitkan pulsa-pulsa periodik. Penggunaan motor stepper memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan motor DC biasa. Keunggulannya antara lain adalah : 
·        Sudut rotasi motor proporsional dengan pulsa masukan sehingga lebih mudah diatur.
·        Motor dapat langsung memberikan torsi penuh pada saat mulai bergerak
·        Posisi dan pergerakan repetisinya dapat ditentukan secara presisi
·        Memiliki respon yang sangat baik terhadap mulai, stop dan berbalik (perputaran)
·        Sangat realibel karena tidak adanya sikat yang bersentuhan dengan rotor seperti pada motor DC
·        Dapat menghasilkan perputaran yang lambat sehingga beban dapat dikopel langsung ke porosnya
·        Frekuensi perputaran dapat ditentukan secara bebas dan mudah pada range yang luas.
 Pada dasaranya terdapat 3 tipe motor stepper yaitu: 
 1.      Motor stepper tipe Variable reluctance (VR)
Motor stepper jenis ini telah lama ada dan merupakan jenis motor yang secara struktural paling mudah untuk dipahami. Motor ini terdiri atas sebuah rotor besi lunak dengan beberapa gerigi dan sebuah lilitan stator. Ketika lilitan stator diberi energi dengan arus DC, kutub-kutubnya menjadi termagnetasi. Perputaran terjadi ketika gigi-gigi rotor tertarik oleh kutub-kutub stator. Berikut ini adalah penampang melintang dari motor stepper tipe variable reluctance (VR)
2.      Motor stepper tipe Permanent Magnet (PM)
Motor stepper jenis ini memiliki rotor yang berbentuk seperti kaleng bundar (tin can) yang terdiri atas lapisan magnet permanen yang diselang-seling dengan kutub yang berlawanan (perhatikan gambar 2.9). Dengan adanya magnet permanen, maka intensitas fluks magnet dalam motor ini akan meningkat sehingga dapat menghasilkan torsi yang lebih besar. Motor jenis ini biasanya memiliki resolusi langkah (step) yang rendah yaitu antara 7,50 hingga 150 per langkah atau 48 hingga 24 langkah setiap putarannya. Berikut ini adalah ilustrasi sederhana dari motor stepper tipe permanent magnet:
3.     Motor stepper tipe Hybrid (HB)
Motor stepper tipe hibrid memiliki struktur yang merupakan kombinasi dari kedua tipe motor stepper sebelumnya. Motor stepper tipe hibrid memiliki gigi-gigi seperti pada motor tipe VR dan juga memiliki magnet permanen yang tersusun secara aksial pada batang porosnya seperti motor tipe PM. Motor tipe ini paling banyak digunkan dalam berbagai aplikasi karena kinerja lebih baik. Motor tipe hibrid dapat menghasilkan resolusi langkah yang tinggi yaitu antara 3,60 hingga 0,90 per langkah atau 100-400 langkah setiap putarannya. Berikut ini adalah penampang melintang dari motor stepper tipe hibrid:



0 komentar:

Posting Komentar

 

Coretan Rissa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea