yakinlah bahwa setiap langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil yang konsisten

Sabtu, 19 Mei 2012

Laporan PKL ku - BAB I

Diposting oleh Catatan Rissa di 22.13
BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

                   Seiring berjalannya waktu, begitu banyak perkembangan yang terjadi, termasuk di bidang teknologi informasi.Perkembangan tersebut mengakibatkan meningkatnya persaingan dalam segala bidang terutama menuju era globalisasai.Agar tidak mengalami ketertinggalan, diperlukan suatu strategi pengembangan bidang teknologi informasi dalam pembangunan yang berkesinambungan diberbagai bidang.Diperlukan  jugaSumber Daya Manusia yang berkualitas yang memiliki penguasaan terhadap teknologi informasi.
         Dengan adanya kemajuan teknologi khususnya dalam bidang informasi yang berkembang pesat, masyarakat dituntut siap dan mampu menyikapi kemajuan tersebut. Hal ini perlu diperhatikan sehingga nantinya Bangsa Indonesia tidak hanya sebagai pemakai, tetapi juga dapat menjadi pencipta suatu teknologi informasi. SumberDaya Manusia Indonesia khususnya yang berkepentingan dalam pembangunan dan aplikasi teknologi diharapkan mampu terlibat lebih jauh, baik melalui penelitian, eksperimen-eksperimen, ataupun dengan memberikan iklim yang kondusif bagi berkembangnya teknologi. Diharapkan melalui usaha-usaha tersebut nantinya kreatifitas dan inovasi teknologi akan muncul dan mampu memberi nilai tambah bagi Bangsa dan Negara.
Praktek Kerja Lapangan ini juga merupakan bagian pendidikan yang menyangkut pembelajaran berdasarkan pengalaman diluar sistem belajar dibangku kuliah dan praktek di dalam kampus.Mahasiswa secara perorangan dan kelompok dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus dari keadaan nyata di lapangan dalam bidangnya masing-masing. Dengan pengalaman tersebut diharapkan mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang tidak semata-mata bersifat teoritis saja, akan tetapi lebih daripada keterampilan yang bersifat skill yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, kemampuan berinteraksi dan berintegrasi, serta kemampuan manajerial.
Dalam Kerja Praktek ini, mahasiswa dipersiapkan untuk mengerjakan serangkaian tugas keseharian ditempat Kerja Praktek yang menunjang keterampilan akademis yang telah diperoleh di bangku kuliah yang menghubungkan pengetahuan akademis tersebut dengan keterampilan. Pemilihan lokasi Di Kantor PNPM Sidoarjo sebagai tempat Kerja Praktek  ini berdasarkan pada kedekatan materi pekerjaan dengan materi kuliah dan keterampilan praktikum yang telah didapat selama masa perkuliahan.

1.2        Permasalahan

Masalah yang diamati pada Praktek Kerja Lapangan di PNPM Sidoarjoadalah “Bagaimana proses penginputan, penyimpanan, pencarian, dan penyajian laporan data secara cepat, tepat, dan akurat di PNPM Sidoarjo ? ”

1.3  Batasan Masalah

Untuk dapat menyajikan pembahasan yang lebih terarah terhadap rancangan Database Sistem informasi PNPM Sidoarjo. Penulis hanya membahas Sistem Informasi Manajemen yang ada di PNPM kota Sidoarjo.

1.4   Tujuan PKL

1.    Meningkatkan, memperluas dan memantabkan ketrampilan yang membentuk kemampuan setiap mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja sesungguhnya sesuai progam studi yang dipilih.
2.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memasyarakatkan diri pada suasana lingkungan kerja yang sebenarnya.
3.    Meningkatkan dan memperluas penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah begitu juga sebaliknya.

1.5  Tujuan Pembuatan Laporan
Tujuan pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan antara lain:
1.    Sebagai bukti telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Kantor PNPM Sidoarjo.
2.    Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan secara tertulis.
3.    Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
4.    Mengumpulkan data, guna kepentingan mahasiswa dan khususnya penulis dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan tingkat selanjutnya.

1.6   Metodologi

Dalam memperoleh data Analisa Sistem, penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.      Peninjauan Lokasi (observasi)
            Metode observasi merupakan metode untuk melaksanakan pengamatan dengan pencatatan data secara langsung.Pengamatan dilakukan di dalam ruang lingkup kinerja KantorPNPM Sidoarjo.

2.      Studi Pustaka
            Metode literatur merupakan metode pengumpulan bahan untuk membuat laporan dari buku-buku yang berhubungan dengan bidang yang penulis lakukan. Pencarian bahan di lakukan di ruang lingkup kinerja Kantor PNPM Sidoarjo, di bagian peralatan dan perlengkapan, buku–buku yang dianggap berkaitan dengan pembahasan yang akan dibahas, selain itu juga di website khusus milik PNPM Sidoarjo.

3.      Wawancara (Interview)
            Metode interview merupakan metode untuk melakukan tanya jawab tentang masalah yang diamati dan dianggap belum dimengerti tentang bagaimana teknis untuk mendapatkan data. Melakukan wawancara dengan pihak – pihak yang berhubungan langsung dengan Sistem Informasi, dalam hal ini dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang sesuai dengan pembahasan yang akan dibahas. Wawancara dilakukan langsung di Kantor PNPM Sisoarjo kepada pihak yang terlibat dalam Sistem Informasi.

1.7   Sistematika Penulisan Laporan

Adapun sistematika penulisan laporan PKL  ini adalah sebagai berikut :

1.         BAB I : PENDAHULUAN
Merupakan pendahuluan yang secara umum memberikan gambaran tentang hal-hal yang melatarbelakangi laporan ini dilaksanakan, tujuan penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, metodologi sampai sistematika penulisan laporan.
2.         BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini memberikan uraian sistematis mengenai literatur yang dipergunakan dalam melakukan penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan sehingga diperoleh landasan teori yang relevan dan akurat.
3.         BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini berisi mengenai Gambaran umum instansi, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, dan Sistem Infomasi.
4.         BAB IV : PEMBAHASAN
Bab ini akan membahas tentang gambaran detail Sistem Informasi PNPM Sidoarjo.
5.         BAB V : PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan, kritik dan saran. Kesimpulan merupakan simpulan tentang sistem yang sudah dianalisa sesuai dengan teori-teori yang sudah diperoleh diperkuliahan.Saran dan kritik yang dapat membangun setiap pembaca khususnya mengenai hasil analisa laporan PKL (PraktekKerja Lapangan) ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

liked this #3tumb
makasih infonya . jabat erat

Posting Komentar

 

Coretan Rissa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea